Kamis, 11 Mei 2017

Kebun Teh Nglinggo, Desa Wisata Nglinggo Daerah Istimewa Jogjakarta.

MasmusNet. Kebun Teh Nglinggo, Desa Wisata Nglinggo Daerah Istimewa Jogjakarta.
Desa Wisata Nglinggo adalah salah satu desa yang letaknya jauh di puncak gunung, tepatnya di daerah Kulon Progo, Kecamatan Samigaluh, Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo di sebelah baratnya, tepatnya berbatasan dengan desa Benowo. Atau sekitar 42 Km dari Pusat Kota Jogjakarta. Berada pada ketinggian 800 meter diatas permukaan laut membuat suhu udara disini terasa sejuk dan segar.

sumber : bukan pepatah

Berbicara mengenai desa ini, rasanya tidak akan habis tentang pesonanya, tentang keindahannya. Untuk menuju ke desa ini, sobat harus melewati jalan menanjak dan berkelok-kelok disamping jalan itu pula terdapat jurang-jurang yang dalam. Namun tidak menjadi masalah karena jalannya sudah bagus dan pemandangan di sepanjang perjalanan juga tak kalah indahnya. Desa yang sejuk ini memiliki beberapa objek wisata yang indah dan wajib untuk dikunjungi, diantaranya :

1. Kebun Teh Nglinggo

sumber ; dok. penerbit

Kebun Teh Nglinggo  terletak dipuncak gunung yang sangat indah. Jauh mata memandang pemandangan hamparan teh yang begitu indahnya. Jalanan yang berkelok-kelok, hamparan kebun teh hijau, segarnya udara di perbukitan, senantiasa sangat menyejukkan mata. Kebun teh ini setiap harinya selalu dibanjiri oleh para wisatawan, tiap hari semakin ramai apalagi pada saat hari raya dan hari libur. Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung hanya ditarik biaya parkir saja. Lohh gimana ?? Enak bukan? Kebun teh ini sangat luas, namun untuk ukuran luasnya tidak diketahui secara pasti. Berbicara mengenai keindahannya sudah tidak dapat diragukan lagi, karena sangat indah sekali, that is wonderfull Indonesia. Udara yang sejuk, Semilir angin sepoi-sepoi, membuat kita betah berlama-lama disini. Its very beautifull!

2. Gunung Jaran
sumber : dok. penerbit

Gunung Jaran adalah objek wisata yang masih satu area dengan kebun teh nglinggo. Gunung Jaran merupakan puncak tertinggi di kebun teh nglinggo. Di area gunung ini ditanami banyak jenis  tanaman, tapi mayoritas ditanami oleh tumbuhan teh. Untuk menuju ke puncak gunung jaran pengunjung terlebih dulu harus melewati jalan setapak yang berkelok-kelok. Gunung Jaran adalah tempat yang cocok untuk menikmati indahnya kebuh teh nglinggo, di puncak gunung ini telah tersedia sebuah gardu pandang untuk melihat keindahan kebun teh nglinggo dari ketinggian.

3. Bukit NgISIS

kebun-teh-nglinggo-desa-wisata-nglinggo-daerah-istimewa-jogjakarta
sumber : dok. penerbit

Bukit ngISIS adalah salah satu objek wisata unggulan dari desa Nglinggo.Masih satu area dengan Kebun Teh Nglinggo, tetapi meskipun objek wisata ini berada satu area dengan kebun teh nglinggo, namun menurut para pengelola wisata bukit ngISIS ini secara geografis berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.  Berbicara mengenai keindahan wisata ini, tidak bisa diungkapin dengan kata-kata, indah banget! Ini hanya berada di Indonesia pokoknya ! Menikmati keindahan alam disini sobat tinggal melihat dari gardu pandang. Selain gardu pandang sobat juga bisa bersantai-santai disini sembari duduk menikmati indahnya alam semesta ini. Untuk memasuki wisata ini sobat hanya dikenakan tarif Rp. 3000 saja loh per orangnya, murah banget bukan? Oke deh, langsung gasspoll aja buat kesini!

4. Gunung Kukusan

kebun-teh-nglinggo-desa-wisata-nglinggo-daerah-istimewa-jogjakarta
sumber : dok. penerbit
Gunung Kukusan berada tepat bersebelahan dengan destinasi wisata kebun teh nglinggo. Gunung ini memiliki dua puncak yang terlihat sangat indah dari kebun teh nglinggo. Gunung Kukusan tepat berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki puncak yang tinggi menjulang berbentuk seperti kerucut/kukusan, mungkin karena bentuknya yang seperti kukusan ini, maka objek wisata ini pula diberi nama Gunung Kukusan.  Perjalanan ke puncak gunung ini sobat harus mendaki jalan berbatu dan berkerikil yang agak terjal, sobat sangat disarankan agar sangat berhati-hati. Dikala cuaca yang cerah dari puncak gunung ini kita dapat melihat dengan gagahnya berdiri gunung sumbing, merapi dan merbabu dan tak kalah indahnya ketika sang mentari mulai meninggi menyemburat di permukaan.

5. Grojogan Watu Jonggol

sumber : http://yogyakarta.panduanwisata.id/

Grojogan Watu Jonggol adalah salah satu wisata yang terletak di Desa Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo Jogjakarta. Grojogan Watu Jonggol sendiri merupakan sebuah air terjun yang tinggi dan indah. Suara gemercik air terjun ini membuat suasananya menjadi sangat alami, menenangkan pikiran, hati maupun perasaan. Dari area parkir kendaraan anda, untuk menuju lokasi ini anda harus jalan kaki melewati jalan setapak yang memakan waktu kurang lebih 10 sampai 15 menit. Meskipun sedang musim kemarau alias nggak lagi musim penghujan air terjun ini selalu mengalir dan selalu ada airnya. Jadi pengunjung nggak bakalan kecewa. Heehehehe..

Rute Perjalanan dari Pusat Kota Purworejo.
1. Sobat harus melewati Jl. Magelang-Purworejo sampai di KM.5/ pertigaan Tumbak Anyar sobat belok kanan.
2. Setelah Belok kanan sobat tinggal menyusuri jalan itu, lurus terus sampai di perempatan Samigaluh sobat belok kiri ke arah Suralaya dan sampai Pasar Samiguh anda belok kiri lagi atau melewati tanjakan.

Rute Perjalanan dari Pusat Kota Jogjakarta.
1.Dari kota Yogyakarta, bisa melewati jalan godean ke arah barat, hingga bertemu perempatan Kentheng Nanggulan, kemudian ambil kanan (arah utara) hingga bertemu dengan perempatan Dekso Kalibawang (patung garuda).
2.Bila dari arah Wates, bisa ambil arah ke Nanggulan dan menuju Dekso.
3.Untuk yang dari Magelang, bisa ambil jalur Muntilan menuju perempatan Dekso Kalibawang.

4.Dari perempatan Dekso ambil arah barat (menuju arah Desa Pagerharjo). Ikuti saja jalannya sekitar 30 km hingga bertemu daerah Totogan (bila ambil kanan menuju obyek wisata puncak Suroloyo) ambil arah lurus menuju daerah Purworejo. Sampai di pertigaan Plono, ambil arah kanan (naik ) ikuti jalannya maka akan sampai ke lokasi kebun teh Nglinggo, Pagerharjo. Jika sobat bingung untuk melewati rute ini, jangan khawatir! Tanyalah pada penduduk sekitar pasti akan dibantu sebab penduduknya ramah-ramah