Minggu, 25 September 2016

Jalur Pendakian Gunung Sindoro

www.masmusnet.blogspot.com.  Jalur Pendakian Gunung Sindoro
puncak sindoro

A. Letak Gunung Sindoro
   Gunung sindoro merupakan salah satu tujuan favorit para pendaki, dengan tingginya yang mencapai 3153 mdpl, gunung ini terletak diantara kabupaten wonosobo dan temanggung, Sekitar 2 jam perjalanan dari kota Purworejo. Gunung ini memiliki daya tarik yang sangat luar biasa, terutama adalah keindahan alamnya, pertama kali anda menjejakkan kaki di basecampnya saja anda sudah dimanjakan oleh keindahannya dengan melihat ke kanan dan kiri anda . Disebelah selatan anda bisa melihat berdiri dengan gagahnya gunung sumbing, dan disebelah utara yaitu gunung sindoro sendiri. Anda akan dibuat terpesona karena ladang tembakau milik petani yang begitu indah.

B. Basecamp jalur pendakian gunung sindoro via kledung
basecamp sindoro
Pas di basecamp

  Basecamp gunung gunung sindoro memiliki fasilitas yang cukup lengkap diantaranya ada MCK, Tempat Parkir, Ruang peristirahatan dan yang paling utama adalah tempat untuk berfoto wwkwkkwk. Bagi anda yang beragama islam jangan khawatir, disebelah basecamp sendiri terdapat masjid yang cukup luas jadi anda bisa beribadah dengan tenang. Oh iya hampir lupa basecamp gunung sindoro ini terletak di Jalan Walisosongo RT. 08/ RW. 03 Kledung, Temanggung jawa tengah.

C. Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung.

Aa. Basecamp Menuju Pos Satu.
pos 1
Foto kami di pos satu

  Jalan dari basecamp menuju ke pos satu masih harus melewati jalan setapak dan jalan berbatu. Di kanan kiri jalan terdapat ladang tembakau milik para petani yang terlihat begitu memukau, disela sela tanaman tembakau terdapat beberapa pohon pinus yang tumbuh dengan tinggi dan terlihat begitu indah.
Dari jalan inilah kita bisa menikmati keindahan alam gunung sumbing yang sangat luar biasa indahnya. Perjalanan dari basecamp ke pos satu memakan waktu sekitar satu setengah jam, dengan jarak perjalanan sekitar dua kilo.

Ab. Pos Satu ke Pos Dua
perjalanan menuju pos satu


Disinilah kita mulai dapat merasakan hijau dan rimbunnya hutan, mendengar para burung berkicau bersahutan dan menikmati rimbunnya hutan. Di dalam hutan kita bisa merasakan ketenangan batin dan kesejukan hati yang membuat kita lama lama betah disini. Dari pos satu ke pos dua kita akan melewati jalan tanah yang cukup bagus. Kanan kiri hanya ada hutan, disini kita belum bisa melihat pemandangan yang indah. Kita berjalan dari pos satu ke pos dua sekitar satu setengah jam.

Ac. Pos dua ke pos tiga

Dari sini kita mulai harus berhati hati, karena jalannya bebatuan yang agak terjal, kadangkala terdapat batu yang berair dan membuatnya licin.
Kita harus mulai bekerja keras untuk melewati jalan bebatuan ini, kita harus bersemangat, dan tidak boleh menyerah,
Karena untuk mengenal batas diri kita seperti apa dan seberapa besar nyali kita. Pemandangan mulai terlihat bagus di jalanan ini, kita mulai dimanjakan oleh indahnya gunung sumbing yang berdiri gagah dan menjulang tinggi. Setelah beberapa lama kami berjalan akhirnya kami sampai di pos tiga, disinilah kita dapat mendirikan camp.

Ad. Pos Tiga menuju Puncak.

Dari sinilah perjalanan yang sesungguhnya kita mulai, dengan sangat berhati hati kami menapakkan kaki kami, selangkah demi selangkah, untuk mencapai tujuan. Dari pos tiga ke puncak memakan waktu sekitar 3 jam. Jalan yang menanjak, jalan yang terjal, kami pun terus menyusuri jalannya hingga sampai dipuncak. Dimulai dari hutan lamtoro, batu tatah, padang edelweiss dan hutan lamtoro lagi baru kita sampai di puncak , di kanan kiri kita terdapat batu batu yang berwarna putih.


Sedikit tips buat sobat yang mau mendaki bawalah peralatan yang diperlukan untuk mendaki karena ini wajib hukumnya, untuk keselamatan sobat sendiri, serta bawalah logistik secukupnya, jangan sampai kebanyakan karena jika kebanyakan membawa logistik kita akan keberatan membawanya.  Hhehehe..

Mohon Kritik dan sarannya supaya penulisan saya lebih baik lagi..

2 komentar

Tempat yang ideal untuk ng'camp di gunung Sindoro pos BRP yh? Bulan besok saya baru akan mencoba Pendakian Gunung Sindoro via Kledung . Nice post

Mohon maaf , kemaren saya ga sempat online.. menurut saya idealnya kalo ngecamp di pos tiga aja selain efisien waktu buat ke puncak view nya juga sudah indah sob.. jarak ke puncak ngga terlalu jauh..


EmoticonEmoticon