Sabtu, 10 Desember 2016

Pendaki Islam Wajib Baca!!! Harus!

MasmusNet. Pendaki Islam Wajib Baca!!! Harus! Assalamualaikum! Kali ini saya akan membagikan sedikit tips untuk para sahabat-sahabat pecinta alam yang khususnya  beragama islam. Jangan pernah ninggalin kewajiban kita sebagai umat muslim yaitu sholat, meskipun kita sedang mendakipun. Karena sholat adalah tonggak dari agama Islam, jangan sampai hanya gara-gara mendaki kita sampai meninggalkan sholat! Manusia macam apa itu! Sebaiknya sebagai manusia kita harus bersyukur atas karunia dan rahmatnya, jangan sampai kita meninggalkan perintahnya! Masak sih kita nggak berterima kasih  sama sekali kepada yang nyiptain kita, yang sudah memberi kita kesehatan sehingga bisa mendaki, palah kita mengingkarinya,, na'u dzubillahimin dzaliq!
Dari permasalahan itulah akan timbul sebuah pertanyaan?? Lalu bagaimana yang harus kami lakukan??
Baik begini, Blog MasmusNet akan menjawabnya! Caranya adalah dengan cara sholat jamak boleh jamak taqdim maupun jamak takhir. Jamak adalah meringkas rakaat sholat yang tadinya empat rakaat menjadi dua rakaat. 

Jamak taqdim adalah menggabungkan dua waktu sholat dilaksanakan dalam satu waktu, pelaksanannya didalam waktu sholat yang awal. Dan setiap waktu sholat rakaatnya diringkas menjadi dua.
Contoh. Pada saat saya mau pergi mendaki, saya sampai di basecamp pukul 12.00 siang. Kemudian saya langsung menunaikan ibadah sholat dzuhur sekalian saya jamak taqdim dengan sholat asar. Nah inilah yang dinamakan sholat jamak taqdim dilaksanakn dalam waktu sholat yang awal.
Untuk jamak takhir adalah menggabungkan dua waktu sholat menjadi satu waktu, pelaksanaannya didalam waktu sholat yang akhir dan setiap waktu sholat rakaatnya diringkas menjadi dua rakaat.
Contoh. Saya saat itu sedang mendaki di gunung sindoro, sampai di pos terakhir pukul 08.00 malam dan sayapun juga belum melaksanakan sholat maghrib. Maka dari itu saya harus melakukan sholat jamak takhir. Ingat sholat maghrib tetep tiga rakaat. 

Kemudian dari artikel tersebut akan timbul beberapa pertanyaan seperti ini :
Lho kok sholat, digunung kan udah nggak ada air lagi,  sholat kan harus wudhu dulu? Terus wudhunya gimana??
Iyasih digunung emang udah nggak ada air apalagi udah dipos terakhir. Yah begini solusinya yaitu dengan cara Tayamum. Untuk tatacara tayamum silahkan tanyakan kepada yang lebih tau seperti para ustads, kyai dan para ulama. Hehhe.. karena sayapun sendiri juga baru belajar jadi saya belum terlalu paham mengenai ini.
Lalu niat sholatnya gimana kang?
Untuk niat sholatnya tanyakan saja kepada yang lebih menguasai mungkin bisa saja bapak dan ibu sobat guru ngaji sobat dan lain-lain. Karena sama sayapun juga masih dalam tahap pembelajaran.

Pergi kepasar ketemu bang iyan
Oh yaudahlah Cukup sekian!
Semoga bermanfaat!
#Salam Lestari!
#Jangan pernah ninggalin kewajiban kita sebagai umat muslim, laksanakanlah perintahnya! Maka iapun akan mengabulkan doamu! Majulah! Yakinlah allah selalu menyertaimu.!


EmoticonEmoticon