Jumat, 25 November 2016

Alat-Alat yang Perlu Kalian Pakai dan Bawa Saat Mendaki Gunung [ MasmusNet ]

MasmusNet. Alat-Alat yang Perlu Kalian Bawa dan Pakai saat Mendaki Gunung. Mendaki Gunung bukan hanya sekedar jalan-jalan saja sob! Naik Gunung itu banyak manfaatnya seperti mendapatkan pengalaman baru, teman baru, dan tau seberapakah kekuatan diri kita. Akhir-akhir ini Kegiatan Mendaki Gunung menjadi ngetren bagi kalangan para pemuda-pemudi Indonesia. Banyak para pendaki dan komunitas pendaki yang bermunculan. Hehe.. bagi kalian yang ingin mendaki dan masih bertanya-tanya apa aja ya alat alat yang harus dibawa? Berapa banyak makanan yang harus dibawa? Apa saja ya yang harusnya dibawa? Oke buat kalian langsung aja simak penjelasannya dibawah ini :


1. Tenda
Tenda adalah alat utama yang harus ada dan dibawa saat melakukan pendakian. Tenda berfungsi sebagai tempat istirahat kita saat kelelahan, saat hujan dan saat waktunya tidur.


2. Carrier
Carrier adalah tas yang berukuran besar, Carrier berguna untuk membawa barang-barang perbekalan yaitu mencakup semua barang yang harus dibawa untuk mendaki.


3. Sepatu Gunung atau Sendal Gunung
Nah, disini biasanya para pendaki sering lalai dalam menggunakan alas kaki saat mendaki. Biasanya para pendaki pemula sering menggunakan sepatu dan sendal seadanya saja, dulupun waktu pertama kali saya mendaki saya juga memakai sepatu seadanya saja sob.. Namun alangkah baiknya menggunakan sepatu Gunung atau sendal Gunung karena sepatu Gunung atau sendal Gunung sudah didesign sesuai dengan medan-medan gunung dan juga tidak licin.


4. Logistik
Logistik adalah perbekalan yang harus ada dan cukup saat melakukan pendakian, jangan sampai kehabisan perbekalan. Hal utama yang harus dibawa adalah air minum, kebanyakan para pendaki lebih sering meminum air saat melakukan pendakian karena air bisa melepas dahaga. Untuk logistik terserah kalian mau membawa makanan apa saja terserah, tapi menurut saya agar lebih praktis bawalah juga roti tawar dan susu coklat sebagai makanan cepat saji. Hehhe..


5. Jaket
Jaket Berfungsi untuk melindungi kita dari hawa dingin di pegunungan atau lebih tepatnya untuk menambah rasa hangat tubuh kita ketika berhawa atau bersuhu dingin. Karena suhu di pegunaan sangat dingin sekali. Maka dari itu saya sarankan jika mendaki bawalah jaket.

6. Senter
Senter akan berguna saat kita melakukan pendakian ketika malam hari, senter berfungsi sebagai penerangan. Mengapa harus membawa senter? Karena kebanyakan para pendaki ingin menikmati keindahan sunrise jadi mereka harus berjalan malam-malam dari pos terakhir. Biasanya juga barang barang ditinggal di pos terakhir, yang dibawa cuma barang-barang yang diperlukan saja


7. Nesting
Adalah sebuah wadah yang digunakan untuk memasak baik untuk memasak air atau nasi. Buat anda yang ingin mendaki saya sarankan untuk membawa dua nesting, nesting yang satu digunakan masak air dan yang satu untuk memasak nasi dan sebagainya.




8. Kompor
Bawalah kompor kecil saja,  atau yang lebih dikenal dengan nama kompor gas paravin, atau anda bisa membuat kompor sendiri secara sederhana dari kaleng bekas minuman.


9. Matras dan Sleeping Bag
Matras adalah Alat yang digunakan untuk alas tidur sedangkan sleeping bag adalah alat yang digunakan untuk tidur agar tidak kedinginan.



10. Bandana atau Buff atau Slayer
Bandana, buff maupun slayer akan berfungsi ketika kita mendaki gunung melewati jalur atau trek yang berdebu. Alat ini digunakan sebagai penutup hidung agar tidak kemasukan debu. Selain untuk itu, bandana juga bisa sedikit menghangatkan leher kita ketika cuaca dingin.


11. Kamera
Bawalah kamera yang bagus dan resolusi yang baik, kamera digunakan untuk mengambil gambar keindahan samudra diatas awan ciptaan yang maha esa. Apa salahnya kita mengambil gambar keindahan ciptaan Tuhan yang maha esa yaitu alam kita tercinta ini, Indonesia. Hehhehe...


12. Obat-Obatan Pribadi
Obat-obatan dibawa untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Bawalah obat-obatan yang diperlukan, yang paling utama adalah tolak angin atau sejenisnya karena digunakan untuk mengantisipasi masuk angin.


13. Kompas
Kompas digunakan sebagai penunjuk arah ketika kita tersesat di gunung, bukan tidak mungkin pendaki itu tersesat di gunung yang ada penunjuk arahnya. Semua itu, tergantung kepada tuhan yang maha esa.
Oke. itu adalah sedikit tips dari saya mengenai alat-alat pendakian, silahkan kawan langsung cabut aja ke gunung.. hehhehe.. ingatlah jika anda mendaki JANGAN MENGAMBIL APAPUN KECUALI GAMBAR, JANGAN MENINGGALKAN APAPUN KECUALI JEJAK, JANGAN MEMBUNUH APAPUN KECUALI WAKTU! BAWA PULANG KEMBALI SAMPAHMU!
#SALAM LESTARI
#Majulah, Selangkah demi selangkah,
berjuanglah, bersabarlah dan yakinlah tujuanmu pasti akan tercapai!


EmoticonEmoticon